Review Film The Circle Tom Hank & Emma Watson

July 05, 2017


Selow.com -- Film yang sudah penulis nanti sejak kemunculan trailer pertamanya. Menjanjikan karena aktornya gak tanggung-tanggung ada mbah Tom Hank yang populer melalui film Davinci Code, Cath me if you Can, Sully dll. Beradu akting dengan aktris Emma Watson yang baru saja membintangi Beuaty and The Beast serta besar bersama film-fil Harry Potter.

Jalan Cerita
Kekinian banget tentang tokoh wanita mae holland yang diterima di perusahaan IT besar. Dan ambisi tom holland sebagi seorang CEO perusahaan IT. Produk perusahaan IT ini tentang sosial media yang bisa live sepanjang waktu layaknya bigo, instagram live dll.

Inti Cerita
Inti cerita adalah seputar privasi di era digital dan sosial media, transparansi dan kedahan dalam hal koneksi dengan manusia lain. Aktor utama pria yang diperankan Tom Hank berpendapat dengan banyak orang mengawasi kita dan tanpa ada rahasia yang disembunyikan akan membuat orang lebih pertanggung jawab dengan apa yang dilakukan dan dibicarakan membuat manusia menjadi lebih baik.

Anti Klimak
Titik balik cerita fil ini adalah dampak fitur baru yang diusulkan oleh mae holland yaitu SoulSearch aplikasi pencari orang dengan sosial media secara real time dibawah 20 menit. Kecerobohan berakibat kematian temannya sendiri.

Sejak saat itu dia berusaha merubah sistem yang ada, di mana ternyata para petinggi perusahaan yang menawarkan produk teknologi tentang transparansi justru tidak transparan dan menggunakan akses tak terbatas pada pengguna sebagai hal komersil dan demi keuntungan sendiri.

Insight
Walau dari sisi jalan cerita kurang tegang beda dengan film-film sejenis yang menyoroti tentang teknologi dan sosial media seperti Anti Trust atau Sosial Network tentang kisah FB. Tapi tetap menarik dengan gaya peneritaan yang kekinian.

Ada beberapa pelajaran menururt penulis, yang perlu diperhatikan efek sampingnya di era sosial media sekarang yaitu tentang Privasi, privasi tentang informasi yang sifatnya personal dan Aktifitas yang gak semua harus diketahui orang lain.

penulis juga ingin berkomentar tentang keyakinan yang coba dihadirkan di film ini, bahwa dengan teknologi yang memungkinkan setiap kata, aktifitas dan kegiatan diketahui banyak orang akan membuat orang lebih bertanggung jawab dan hati-hati dalam setiap berkata dan bertindak, maka menururt penulis tidak perlu ada teknologi dala film. mengapa? dalam ajaran agama saya misalnya, saya sebagai seorang umat muslim percaya bahwa setiap kata dan tindakan diawasi oleh Allah swt. Bahkan ketika manusia tidak tahu. Itu cukup untuk membuat saya wajib berhati-hati dan bertanggung jawab atas apa yang saya katakan dan perbuat bahkan apa yang saya pikirkan dalam hati.

nah gitu dulu sobat selow, tetap menarik untuk ditonton apalagi ada juga aktor starwars.
sampai jumpa sala selow..enjoy aja.

penulis: Kang Mad 

Artikel Liyane

Sak Wise
« Prev Post
Sak Durunge
Next Post »
Komen yo nda :

Info Pendidikan

ads