Persiapan Menyambut Ramadhan ala Selow

April 29, 2017

Selow.com - Howone nek bar ngaji ki dadi sholeh ngono nda, makane artikel kali ini selow akan membahas urusan akhirat he he. Ramadhan kurang luwih sewulan maneh nda, sing mesti puasa ne mulai tanggal 1 Ramadhan awakmu arep melu pemerintah opo liyane ora masalah sing penting sing wis wajib puasa ya kudu puasa.

Ramadhan yang setahun sekali ini, harus disambut dengan penuh persiapan karena dia adalah tamu istimewa, ojo nganti ujuk-ujuk tanpa persiapan penyambutan. Persiapan iki kango awakmu yo nda ben ramadhan selama sebulan full jadi lebih bermakna dan fokus.

oke langsung wae, berikutnya tips persiapan ramadhan ala selow.

1. Move On lupakan Mantan
hubungane opo kang karo ramadhan? ora ono sih..he he ngapurane keceplosan.. abaikan selower sekalian.

2. Persiapan Fisik
Bagaimanapun selama bulan ramadhan secara kebiasaan keseharian akan berbeda dari pada hari-hari biasa, misale bangun lebih awal untuk sahur tidak makan hingga waktu berbuka dll, jadi fisik harus prima agar ibadah bisa lancar tanpa halangan. cara menyiapkan fisik tentu saja dengan olahraga, kalau ada yang lagi sakit segera diobati semoga masuk bulan ramadhan sudah sehat wal afiat.amin.

3. Persiapan Ilmu
 Ilmu penting untuk memulai sesuatu nda, mumpung masih ada waktu sebulan saatnya perbanyak baca buku-buku tentang islam wabil khusus tentang ramadhan. 

4. Persiapan Ruhiyah
Bagian dari usaha mepersiapkan diri secara batin, dengan memperbanyak ibadah. Misalnya agar di bulan ramadhan bisa memperbanyak tilawah qur'an mulai sekarang sudah dilatih misalnya 1 juz satu hari, begitu juga agar badan tidak kaget dengan puasa ramadhan bisa dipersiapkan dengan puasa sunnah. Perbanyak ibadah-ibadah yang lain.

5. Persiapan Harta
Iki penting nda, ada 2 hal tujuane contoh misal kanggo cah kerjo koyo aku mumpung sebelum ramadhan kerjane ditambahi semangat, duite ditabung kanggo keperluan ramadhan dadi maksudte nek wis bulan ramadhan iso luwih fokus ibadah ora sibuk kerjo wae. 

tujuan liyane yoiku ben longgar, iso infaq, memberi buka puasa dan tentu saja zakat. Yang penting juga sebisa mungkin belanja-belanja seperti kue-kue lebaran, baju baru luwih apik dipersiapke sejak awal ramadhan, dadi 10 hari terkahir iso fokus ibadah & i'tikaf ora malah sibuk ning pasar lan mall.

6. Target Ibadah
Ini hal menarik yang biasane diingatkan sama guru ngajiku yen wis arep mlebu ramadhan, yoiku nggawe target ibadah, digawe daftar list opo wae lan target-e, misale Sholat wajib berjamaah di masjid, Tilawah, Qiyamul Lail, Infaq, menghadiri majelis ilmu, memberi buka puasa dll. Dengan demikian bulan ramadhan jadi lebih menarik dan seru.

wis semono ndisik artikel-e nda, yo aku juga lagi belajar agama, ngapurane nek cara menyampaikanya masih dangkal, nek dirimu berkenan boleh nambahi di kolom komen di bawah ini.

ojo lali komen nda.

penulis : kang Mad 

Bonus lagu Ramadhan dari Maher Zein ben tambah dramatis nda..


















Artikel Liyane

Sak Wise
« Prev Post
Sak Durunge
Next Post »
Komen yo nda :

Info Pendidikan

ads